Tuesday, April 11, 2017

Step 5 - Bridal JJ Bride & Ritz Taipei

Waktu om gw nikah 7 tahunan yang lalu, mereka pake JJ Bride di kelapa gading, dan gw suka banget hasil nya. Make up nya terlihat lebih muda, dan foto prewed nya juga bagus-bagus, sampe om gw tebus foto nya lumayan banyak. Tahun lalu juga ada beberapa teman yang pake bridal Taiwan ini.

Jadilah gw pergi ke JJ Bride rame2 ngajakin cami, mama, oma, cici, koko ipar (yang bantuin ngasih tau jalan. hihi), dan ponakan masi 2 tahun. hehe. Awalnya dikasi lihat contoh hasil foto pre-wedding JJ dan dijelasin sama marketing, klo sebelum DP kita boleh cobain 5 gaun dan bayar 50k (akan dikurangi harga paket klo misal kita deal di JJ nantinya.) Lumayan worthed sih nurut gw dan akhirnya gw dibolehin coba 6 gaun. Ternyata ga gampang untuk milih wedding gown. Model yang gw suka, si mama dan cici ga suka, sedangkan model pilihan cici, gw dan mama ga suka, dan sebaliknya. Karena gw rencananya ga akan pake bridesmaid dan wedding organizer, gw pengen model ball gown yang tidak terlalu besar dan ekornya pendek, sedangkan mami lebih suka yang blink2 dan ekor panjang biar kelihatan lebih mewah. Nah, di JJ ini sebenernya banyak pilihan gown nya cuman agak ribet karena harganya tergantung pemakaian ke berapa, jadi model yang kita suka, harus di cek satu2, kita orang ke berapa yang pake. 

Detail paket yang gw dapat;
1. Gaun pemakaian ke3 dan seterusnya (bottom price) beserta aksesoris (veil, bolero, petikot, dll)
2. Make up by team (klo kita pilih mua tertentu, ada charge tambahan lgi)
3. Prewed - indoor & outdoor untuk 1 hari (exclude location fee)
4. 3 gaun indoor & 1 gaun outdoor
5. 2 Jas photo
6. 4x make up dan 4x hairdo (ini sekalian test make up untuk hari H)
7. Photo pre-wedding by team (shoot ± 120 pose untuk nantinya dipilih 20 pose yang akan diedit dan cetak). Penambahan photo akan dicharge 275k/pose. Bahkan di JJ ini ada garansi untuk photo prewed loh.
8. Album Classic Tempel 12"

Bonus:
1. 1 gaun pengapit
2. 1 make up pengapit +retouch
3. 2 make up mom (no retouch)
4. 1 pcs Canvas 50x60
5. Mini album 4R (ori, pose sama)

Untuk deal paket bridal sebaiknya dari bottom price, karena hampir semua bridal bisa upgrade paket tapi ga bisa downgrade. Nah untuk paket diatas itu setalah diskon dsb nya jadi 25,8 jt, trus karena gw request ga mau photo outdoor, jadi hanya photo studio, dikurangi harganya jadi 24,5 jt. Then, untuk promo first visit itu dpt tambahan diskon 10 % lagi dari harga diatas (hitung sendiri ya. hehe.)

Nilai plus nya:
1. suka sama photo pre-wed dan make up nya bagus (my personal opinion sih)
2. karena paketan jadi lebih gampang koordinasi untuk pre-wed dan paketnya lumayan lengkap (walaupun ga selengkap bridal lokal yang include wedding car, cake, liputan hari H, undangan, dll)

Minusnya:
1. Grade gown. Jadi klo misal uda suka sama gaun tertentu, dan ternyata di cek grade nya ga sesuai dengan paket deal pertama, jadi galau lagi apakah bayar untuk upgrade, atau sayang banget klo uda bayar gaun second, tpi jdi org ketiga yang pake.
2. Lokasi! Cami dari awal ga ada comment sama gaunnya, karena dari perjalanan ke bridal katanya kejauhan lokasinya. Karena kita juga uda pilih venue di daerah jakbar semua, dan kami super jarang ke daerah gading. Tpi poin ini bisa jadi plus untuk capeng yang domisili di kelapa gading ya. Dan untuk make up hari H harus pagi-pagi make up di bridal, klo panggil MUA nya ke rumah/hotel kayanya bisa sih tapi kena charge lagi.
3. Gown kecil/ekor pendek sangat sedikit jumlahnya. Kata cici marketingnya emang walopun sering restock wedding gown baru, tpi model simple gini emang jarang.

Jadi gw ga deal dulu di first visit ini, karena gw hanya akan deal klo uda menemukan gown yang gw suka. Sebaiknya lihat2 dulu di bridal lain untuk perbandingan, baru ke JJ, karena lumayan loh promo first visit 10% nya. Oya banyak yang blg marketing JJ ini jago2, karena jarang ada capeng yang keluar tanpa deal DP. Nah menurut gw sih walopun dijelasin pake embel2 bonus dll, marketingnya ga terlalu maksa loh, mgkn karena marketingnya masih baru, atau emang karena merasa capengnya super rempong ya. hahaha. soalnya baru first visit aja uda bawa rombongan banyak, plus ponakan yang seru lari2 liatin cermin gede di bridal, dan mereka jarang stock wedding gown yg gw mau. Marketing JJ baru follow up ke gw sekitar sebulan setelahnya nanyain uda dapat bridal apa belom. Jawabannya sudah dong! Yeay!

Setelah dari JJ Bride, gw langsung meluncur ke Ritz Taipei di PIK beserta rombongan juga tentunya. hahaha. Sedikit flash back, si cici tau gw suka JJ bride dr dlu, jadi cici saranin bridal ritz taipei sbg alternatif aja sesama bridal taiwan dan gw masih asing sama nama ini karena baru pertama kali merit (ya iya lah! hahahaha). Pertama lihat di website nya, wowww ada gaun bagus dan mewah bangettt. Oke langsung close lagi, karena kelihatannya out of budget. hahahaha. Karena cici endorse ritz taipei lagi soalnya cici pernah ke kondangan yang pake bridal ini dan bagus. Jadilah gw mulai blog walking (lupa blog siapa) dan ternyata harga paketnya ga beda jauh sama JJ. Yippie!

Kesan pertama ke ritz taipei, window display nya unyu, haha. Gw ketemu marketingnya ci Merry, dan waktu itu ditemenin sama ci Jusi (yang gw kira marketing jg tp ternyata MUA. hehe) Untuk display wedding gown disini ga terlalu banyak jumlahnya, tpi bervariasi dan sudah dibagi untuk 3 grade gaun ritz taipei, ada VIP, Luxury & Ritz. Karena gw pengen yang ekor pendek dan lebih simple, jdi gw lebih fokus lihat yang VIP. Setelah lihat model gaunnya, gw ditanyain suka model gimana, gw cm blg pengen model ball gown yang kelihatannya simpel tapi detailnya bagus, karena venue gw agak kecil, jadi jarak posisi bride sama tamunya lumayan deket, gw ga suka bahan satin atau model lipatan2. Dan triiinggg! langsung dibawain banyak wedding gown sesuai request untuk gw pilih. Klo ga salah sebelum deal dan DP, kita boleh cobain 3 gaun free. Waktu gw cobain gaun ke2 uda langsung sukaaa. Marketingnya supel dan sangat membantu loooh. Mereka akhirnya berhasil menyelesaikan pertikaian perbedaan pendapat keluarga kami. hahahaha! Jadi gown ke 2 ini model kemben yang nantinya bisa di modifikasi lagi (tambah lace jadi bentuk sabrina atau jadi tali dll). Untuk ekor nya, karena gw pengen pendek dan mami suka yang panjang, ci Jusi bilang, wedding gown nya nanti bisa dibikinin cantolan, jadi klo pagi mau ekornya pendek, malemnya bisa dilepas cantolannya jadi panjang. Yeay! Akhirnya cami senyum jg lihat calon istri nya pake wedding gown. hahahaha. Lighting di area fitting ini lumayan terang sih, bikin gaunnya kelihatan makin keceeee. Setelah nego panjang, akhirnya gw deal di paket berikut:
1. New VIP Gown
2. Album 12" - 30 pose
3. All file 120 p - edit 40 p
4. Canvas 75 x 100, boleh diganti 60 x 80 dan 50 x 60 (mama yg request frame nya ga usa gede2, jdi diganti 2 yg lebih kecil)
5. Bridesmaid gown & make up + retouch
6. Flower girl gown
7. Make up mama untuk 2 orang no retouch
8. 2 jas prewed & pinjam 1 jas wedding
9. 4 gown untuk prewed indoor

Harga paket wedding VIP 24,5 jt dan untuk nego harga ga bakal bsa diturunkan lagi (kcuali gown second), hanya bisa minta di bonusin lagi, tergantung kebutuhan, misal minta gown bridesmaid nya 2 klo 2 orang. Karena gw masi awam dan ga ngerti waktu itu, ci Jusi akhirnya nawarin flower girl gown kebetulan ada si kecil. hihi. Gw ga pake bridesmaid ataupun flower girl, tpi gown nya akan dipake buat cici dan keponakan. Klo ada yg bingung kenapa gw ga pake bridesmaid, karena gw pengen jadi queen of the day. hahaha! Semua mata tertuju sama bridenya dong, bukan bridesmaid ataupun flower girl. Sorry yaa buat yang ngarep tanya2 bridesmaid nya siapa atau ada yg pernah request long time ago, klo gw mau merit dy pengen jdi bridesmaidnya. Bride nya emang egois. hihi. Back to topic, jadi nilai plus dri paket ritz taipei ini:
1. Gown nya baru, jadi gw orang pertama yg wedding pake gown ini. (nilai plus banget nih buat si mama). Gw sempat ditnyain klo wedding pake gaun second, gw oke apa ga soalnya bsa dikurangi lg 3 jt. Personally sih gw ga masalah selama kualitas dan warnanya masi sama, tpi yauda akhirnya ikut kata mama mending pake gown baru, mungkin ada artinya sih. Wedding gown nya jg bagus2 looo dan jadi selling point untuk bridal 1 ini. Kadang ada capeng yg hanya deal wedding gown tanpa paket.
2. Dapat all files untuk photo pre-wedding. Ini bisa mengurangi 1 kegalauan gw, karena banyak capeng termasuk di bridal lain yang dilema untuk tebus photo pre-wed. Yippieee! Gw ga terlalu concern sama jumlah album atau kanvas nya yg penting ada lah untuk dipajang pas hari H. Toh klo gw punya softcopy nya bsa gw print sendiri klo gw butuh nantinya.
3. Ci Jusi orangnya asik banget, selain suggest ekor gown yg bisa dibikin cantolan, gw jg pilih MUA nya ci Jusi (bukan orang taiwan) untuk  pre-wed dan hari H. Gw pernah baca ada capeng yg dpt MUA galak (gatau di bridal mana) dan sebagai bride of the day nya tentu akan merusak mood yah. Gw uda follow IG nya ci Jusi jg dan lihat hasilnya jg bagus2. Semoga nanti lancar ya pre-wed dan hari H nya

Nilai minus nya:
1. Sama seperti bridal taiwan lainnya, untuk make up dan retouch harus di bridal nya langsung, jdi kita harus spare time bangun lebih awal. Beda klo misal kita cari vendor MUA yang dtg ke rumah/hotel yang khusus dandanin 1 bride aja dalam sehari. Oya di ritz ini, katanya sih mereka ngebatasin jumlah capeng yang merit di hari yang sama, biar ga overload pas make up pagi, jadi gw agak santai deh ga perlu bangun jam 2 subuh untuk antri makeup.
2. Masi ga tau hasil prewed nya. Semoga hasilnya bagus. So far sih gw lihat hasil foto indoor nya agak terlalu terang (my personal opinion sih) soalnya spot foto nya jg di studio ritz taipei yg posisinya gedungnya di corner dengan dinding kaca yang besar dan terang. Klo untuk hasil foto outdoor nya sih bagus2, tpi gw sama cami ga photo outdoor. Alesannya, karena cami hanya bisa libur pas hari minggu, dlu sih gw sempat naksir sama hutan mangrove PIK yang lokasi nya gampang dijangkau dan bagus untuk spot photo, tpi klo minggu kan banyak pengunjung dan capeng lain. Kita akan ngabisin banyak waktu agar tidak ada photobomb. Cami jg orangnya gampang gerah (pake banget!), plus klo outdoor mata kami yg tinggal segaris apa kabarnya. Hahaha.

Hampir semua paket wedding taiwan itu mirip2, tidak termasuk WO liputan, cake, undangan, wedding car, dll seperti bridal lokal. dan untuk make up dan retouch juga dilakukan di bridal. Untuk charge panggil ke hotel/rumah rasanya tidak worthed, jadi sebaiknya perhatikan rundown acara dan venue resepsi dan pemberkatan.


Apalagi yaah.. hmm.. silakan tanya-tanya aja klo ada yang kurang. Cheers!

8 comments:

  1. Wah, aku baru depe di JJ Bride kemarin di pameran PRJ nih dapet best price 22juta..emang sih awalnya marketingnya agak maksa dikit tapi at the end setelah deal harga dan bisa dapet paket yang uda lengkap juga :)
    Semoga lancar ya persiapannya sampai hari H ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sis Linda.. km dpt paket apa aja dengan harga segitu, kemarin pas pameran di PRJ juga sempet mampir ke JJ Bride, cuman msh mw rapat pleno sama cami utk putusin bridalnya, hehehe..

      Delete
    2. Hi Linda, salam kenal :-)
      Marketing JJ emang agak maksa ya. hihi.
      Good luck juga ya untuk persiapan weddingnya

      Hi Meilina,
      Kebetulan ada temen yang mau over DP JJ Bride nih. klo kmu minat, nanti aku tnyain dlu ya masih available atau ga.

      Delete
    3. Paket JJ nya masi available cuman 16,8 jt dpt 100 files foto prewed. Ini good deal loh, tpi ada bbrp item yang di take out, spt prewed hanya indoor dan jumlah jas/gaunnya. Coba aja kamu WA ke 0857 1855 4647 (cecil) untuk tanya2 detailnya #hth

      Delete
    4. Hai Sis Dewi.. ohh gitu, 16,8jt itu cuma prewed aj apa udh paket ?
      Ok.. nanti aku tnya2.

      Klo over DP JJ gitu knp ya ? dpt yg lebih oke dr JJ atau apa ya ?
      Jadi iseng pengen tau, hehehe

      Delete
    5. Hai Meilina,

      16,8 jt sudah termasuk gaun wedding, make up dll juga. Hanya dikurangi prewed ga pake outdoor, dan jumlah jas/gaunnya lebih sedikit. Untuk detail paket nya bisa langsung ditanyakan ke Cecil ya. Takutnya salah info nanti. hehe.

      Biasanya klo pake bridal seringnya kendala pas make up dan retouch, kita kan harus balik ke bridal. Klo venue resepsi, holy matrimony dan rumah/hotel nya jauh dari kelapa gading harus diperhitungkan juga run down acara nya, misal klo dpt jadwal pemberkatan agak siang jadi takut kena macet dan beresiko telat untuk preparation malemnya. Klo misal venue kamu deket atau masih terjangkau dari kelapa gading jadi ga masalah :-)

      Delete
  2. Hello .. just info bukan promo
    saya udah dp di jj bride juga kemarin deal di pameran JCC bulan Juli lalu dapat harga 24jt harus dp 30% harga ini mengikat 2 tahun loh, kurang lebih paketnya sama kayak yg kamu sebutkan
    hanya saja saya dapat all file untuk foto prewed juga dpt kanvas 2 buah, dapat box penyimpanan album fotonya juga
    saya dikasih bunga corsage sebesar 500rb juga voucher foto studio martenity Rp 2jt
    terus kalau mau upgrade harga gaun misal harus upgrade 3jt didiskon 50% kalau mau upgrade gowngrade
    kalau diliat ternyata dipameran lebih ada nilai plus nya juga ya
    kalau kamu memang tertarik sama bridal seperti JJ atau rizt gitu mgkin harusnya datangin ke pamerannya aja dapat bonus lebih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,

      Lumayan banget yah dapet all files di JJ, karena hasil prewednya bagus2, jadi ga perlu nambah budget lagi buat tebus foto. Biasanya di pameran emang lebih untung ya, apalagi kalo jago nawar bisa dapet banyak bonusnya ^.^

      Gw deal bridal nya ga pas pameran, soalnya planning married dari bulan february, lagi ga musim pameran wedding, sedangkan weddingnya bulan november lalu. hihi.

      Happy preparing ya

      Delete