Wednesday, December 27, 2017

Kronologis Wedding Day - Part 1

I am trying to write as much as I could remember about my wedding day, so one day when I read it again, I can still feel the wedding moment. *sorry for the long post*

Jam 3.30 a.m. Morning call oleh WO dan Hotel karena gw dan koko minta dipesenin taxi bluebird dari hotel Grand Tjrokro ke bridal Ritz Taipei di PIK. Kami pnya jatah 1 makeup untuk bridesmaid, sedangkan gw ga pake bridesmaid, jadinya gw ajakin sister in law (SIL) barengan makeup di bridal.

Gw, koko, dan SIL sampe ke bridal beberapa menit lebih awal dari jadwal 4.30 a.m. dan ci Jusi lagi make up bride sebelumnya, jadi kami nungguin dlu di sofa, dan ternyataaaa Andy (LV photography) bahkan sudah dluan sampe di bridal dan standby rapi dengan teamnya. Pdhl setau gw biasanya photografer baru dateng klo bride nya uda cakepan alias setengah proses make up. 

Selama proses make up ci Jusi (Ritz Taipei) ramah banget, dan gw minta dibantuin pasangin softlense juga wkwkwk. Hasil make up nya banyak yang bilang bagus :) Andy dan teamnya juga foto2 gw pas lagi make up. Nah biasanya bride  kan dluan di makeup, trus BM dan groom menyusul, biar selesainya barengan, karena make up bride paling lama. Selama gw makeup 2 jam, gw ga ngecek SIL uda mulai make up apa belom, karena kami uda book jadwal makeup 4.30 - 6.30 selesai. Daaaan ternyata pas gw uda slesai makeup SIL masi kaya baru mulai make up dan belum hairdo juga. OMG. Awalnya gw masih santai, karena gw kira semua uda di booked jadwalnya, dan hampir jam 7 masih belom selesai juga, gw uda mulai ngoceh2 ini kami harusnya jalan jam 6.30 :( SIL pengertian bgt minta kita berangkat dluan, dan dy nyusul sendiri nanti, tpi kan SIL ga ngerti jalan di jakarta dan ga mungkin ditinggal juga. Akhirnya kami selesai jam 7an, dan hairdo SIL masi agak berantakan :( Terakhir kata si koko "kayaknya" MUA yang harusnya makeup-in SIL salah orang dan malah makeupin sodara dari bride lain yang harusnya jadwalnya setelah SIL, jadi MUA nya tertukar. Yaaaa namanya bridal pasti rameee, tapi yah harus dipastiin dlu dong yang di makeup orangnya uda bener apa belom yah. kan klo wedding jadwalnya ga bisa molor juga, makanya kenapa ada booking jadwal make up. pheeeww... trus harusnya pas gw uda selesai, dan SIL belom selesai, MUA lainnya keroyokin dlu dong bantuin hairdo SIL, sambil MUA nya lagi make up-in. Ini malah ga ada yang bantuin sama sekali :( Yah mungkin harusnya ada WO juga ya yang ngecek-in di bridal. huhu!

Driver dari OHANA wedding car (lupa namanya) datengnya tepat waktu jam 6.30 sesuai jadwal yang direncanakan, tpi kami jadinya berangkat jam 7an, karena insiden Ritz taipei diatas. Untuk mobilnya oke sesuai request, alphard putih dan masih mulus keknya, drivernya juga ga bau dan sopan. Tapiiiiii, ternyata drivernya kurang tau jalan doooonggg, dari PIK ke hotel, padahal ko Jimmy udah kasitau rute dari sehari sebelumnya. Emang sih gw cm pesen klo driver jangan sampe nyetirin mundur klo ada pengantin di dalem mobil dan ga pesenin minta driver yang tau jalan, tpi harusnya udah SOP yaaaa. Duh! Si koko uda mulai panik dan gelisah, tapi aku masi tenang pas hari H walaupun uda telat 1 jam dari jadwal, ga mikirin telat ini itu, mungkin belom ngumpulin nyawa pagi2. hahaha. Just feeling too excited. I just hold his hand and told him everything is gonna be okay. xixixi

Selama perjalanan kami uda WA kabari ko Jimmy (Full house WO) biar standby di lobby hotel. Jreeeng jreeeng pas mau naik lift ke room hotel, Mother in Law (MIL) dan rombongan baru turun mau breakfast di hotel, padahal harusnya standby untuk sesi foto groom. Gw  ga update lagi gimana deh, gw langsung disuruh WO naik ke room bride dan ci Bunga udah disana sambil bantuin gaun ku karena aku mondar mandir ke connecting room sebelah lihatin cici ku dan penerima angpao yang lagi di make up sama ivana & team. Baru ketemu ci Ivana pertama kali dan ternyata dy lagi pregnant. Orangnya ramah banget, dan hasil make up nya juga oke :) Sepertinya semua juga ontime.

*Skip karena gatau detail acara foto di tempat groom* Room groom and bride nya sama2 di hotel grand tjokro hanya beda lantai.

Acara foto di room bride standar yah, foto pemakaian slayer oleh orang tua, dipakein sepatu (karena ga pake bridesmaid, jadinya dibantuin sama penerima angpao yang kebetulan pas slesai make up sama ci Ivana), trus groom dateng dan bride harus hadap belakang2an (padahal mah uda ketemu pas di bridal hahaha), foto2 berdua. Gw sama koko ikut perintah gaya aja sama fotografer, sambil dibantuin WO geser2 properti untuk background foto. haha. Sehari sebelumnya tante2 pada bilang mau kerjain groom saat jemputan, tpi keknya karena waktu mepet jadinya di skip ya. *trus baru sadar juga setelah hari H, kita skip makan onde, pdhl uda di take note pas meeting sama WO* Trus dijemput ke tempat Groom dan prosesi langkahan untuk cici dan koko groom, ikutin versi MIL kado langkahan ditempelin diatas pintu. Jadi gw dan koko pas keluar dari pintu kamar groom sambil melangkah dan kasi wishes agar mereka segera ketemu jodoh sambil ditungguin sama koko cici nya di depan pintu. 

Ohya selama sesi foto2 gw dijemput sama si koko, kan ada pemakaiaan boutonniere. Nah gw pesen boutonniere nya sepasang sama bouquet di Innovative Art taman anggrek. Karena bunganya artificial dari kulit jagung, bisa diambil dari jauh-jauh hari dan ga bakal layu. Pas pengambilan, bunganya sudah dipacking rapi dan boutonnierenya masih dalam plastik. Gw hanya cek bunganya udah oke sesuai request aku yaudah. Daaaan ternyataaa pas hari H pin boutonniere nya ga bisa dipasang, gatau ga ada tusukannya atau rusak gimana karena langsung dibantuin sama ko Jimmy yang super bisa apa ajah sampe digigitin pin nya yang penting bisa nempel di jas nya si koko!

Kemudian Teapai pihak keluarga Groom, dan diikuti keluarga Bride, acaranya gabung di ruang suites hotel grand tjokro, karena keluarga gw yang ikut teapai banyaaaakkk, (dan bikin deg-degan karena kita makin telat ke vihara, tpi seneng jg dapet hadiah tepai. wkwkwkw). Urutan Teapai dimulai dari orang tua kemudian nenek (karena kakek udah ga ada). Nah tepai ini banyak versi, ada yang susunannya diikuti oleh saudara dari kakek nenek, trus om dan tante, bru saudara kandung dan sepupu2. Nah pas gw lagi sesi om dan tante dari keluarga papa, ada yang bilang harusnya saudara kandung dlu, baru ke om dan tante, jadinya si cici nyelip teapai nya. hahahaha, abis itu baru dilanjutin lagi om dan tante dari keluarga mami. Karena banyak versi gatau juga yang mana yang bener yaaa, setiap orang pnya pandangan sendiri, kaya ayam dan telur mana duluan hayooo...

Setelah teapai dengan keluarga yang lebih tua a.k.a. yang ngasih kita hadiah, gantian bride and groom nya kasih angpao buat yang lebih muda dan masi single. Sekali lagi ko Jimmy save our life, karena angpao untuk anak kecilnya disimpan sama koko/cicinya groom yang gatau lagi ada dimana. Trus ko Jimmy langsung teleport *lebay* dan bawain angpao nya sambil angketin tangannya yang pegang angpao kayak superman kalo lagi terbang. wkwk.

Sesi2 jemput pengantin rencananya mobil pengantin akan muter satu puteran, tpi karena ga sempat karena kita diminta sampe di Wihara Ekayana setengah jam sebelum acara jam 11, dan perjalanannya butuh 15-30 menit, sedangkan kami sampe lobby hotel uda jam 10.45! Bahkan teleport jg masih telat, butuh time traveller. hahaha. Jadinya mobil hanya diam di lobby, groom nya naik, dibukain pintu sama my bro, kasih angpao, my mom kasih bakpao, foto liputan done. *harusnya ada si koko kasih jeruk ke my mom, tapi skip karena ga keburu* 

Akhirnya kami sampe di vihara jam 11 lewat dikit I think, dibantuin lewat jalan shortcut sama mobilnya ko Jimmy *ala-ala voorijder* , dan udah ada tamu sodara yang tungguin disana :) Gw sama si koko sempat duduk bentar sambil di brief sama orang dari wihara Ekayana. Waktu Panditha Djufri masuk ke hall di lantai 2, bride, groom, dan orang tua udah standby, tpi 2 orang saksi belom sampe! My bro aku mintain jadi saksi sekaligus ngurusin transport tamu dari hotel ke vihara, jadinya telat sampai. Setelah nungguin bentar, Panditha make sure lagi klo 2 saksi, my bro & SIL, sesuai data yang uda kita submit sebelumnya pasti akan hadir, dan akhirnya kita mulai acara duluan karena uda telat banget, padahal nanti ada shift selanjutnya lagi.

Gw udah agak lupa urutan acaranya karena hanya ikut arahan dari Panditha Djufri dan orang dari wihara yang bantuin juga. 
- tanda tangan bride & groom, orang tua, dan saksi
- baca paritta Namaskara Gatha, Vandana, Tisarana, Pancasila Buddhis
- Persembahan buah-buahan di altar
- Nyalakan Lilin di altar bersama orang tua
- Pemakaian tali kuning oleh Panditha Djufri
- Pemakaian kain kuning oleh 2 papa, di dilepasin oleh 2 mama *yang ini lupa susunannya yang pasang mama atau papa*
- Penghormatan kepada Orang Tua sambil diiringi lagu sedih :'(
- Penghormatan kepada Nenek juga
Ceramah oleh Romo Yoko *kalo ga salah*
- Persembahan kepada Romo Yoko (Persembahannya disiapin dari wihara juga, kami tinggal kasih aja)
- dsb

Selanjutnya acara lepas balon dan makan2. Gw dan koko ga pake burung merpati, tpi gw ada beli 2 balon bentuk merpati yang lumayan gede sekitar 1 meter panjangnya, dan minta diisi nitrogen bareng sama balon dari ko Jimmy, tpi ternyata ada yang bocor, dan merpatinya jadi kurus hahaha *kebiasaan males ngecek barang klo uda dipacking rapi* jadinya kami hanya terbangin balon doang, dan merpati nya minta ko Jimmy lepasin setelah acara selesai aja.

Abis dari wihara rencananya kami langsung akan ke bridal, dan ternyataaa... jreng jreng. evening gown nya my mom masih ketinggalan di hotel. Jadi ceritanya waktu lagi ribet sesi foto mobil di hotel, my mom udah nanya nanti balik hotel lagi apa ga sebelum retouch, dan karna lagi rempong aku bilang iya aja biar semua cepet menuju wihara *sorry mom* padahal maksudnya my mom minta my bro ambilin, tpi tetep my bro udah telat jg sih waktu itu. Ko Jimmy baik bangeet nawarin anterin gaunnya dari hotel ke bridal di PIK, tapi ga enak ngerepotin ko Jimmy dan untungnya ada drivernya cici yang nganggur jg abis nganterin tamu balik ke hotel, dan waktu istirahat sampe jadwal resepsi nya masih lama. My mom harus pake gaunnya di bridal karena model gaunnya agak terbuka jadi harus dibedakin dulu badannya, dan venue nya di resto, masa mama bride ke venue ga pake gaun cantik :* Untungnya MIL and SIL uda bawa evening gown masing-masing ke wihara.

*Ngetik sambil ngos-ngosan inget2 ngejar waktu pas hari H, waktu itu malah gw tenang2 aja, mungkin efek pake gaun pengantin dan uda dandan cantik. LOL*

Lanjut ke Part 2 yaaa...

No comments:

Post a Comment